TULISAN PERTAMA YANG MEMBERI MANFAAT - Sisi Lain Young Engineer TULISAN PERTAMA YANG MEMBERI MANFAAT

TULISAN PERTAMA YANG MEMBERI MANFAAT

Awalnya, saya menulis hanya karena rasa penasaran saja. Selanjutnya, mengalir begitu saja. Yang pertama kali saya tulis adalah puisi, karena menurut saya puisi adalah cara yang paling lembut untuk menuangkan perasaan. Masa SMA adalah masa produktif saya menulis sajak atau puisi. Kemudian, tuntutan tugas sekolah mengantarkan saya menulis cerpen dan keseruannya membawa saya terus membuat beberapa cerpen hingga saat ini. Seiring dengan perubahan pola pikir di umur yang labil, saya juga mulai menulis tulisan bebas yang merupakan curahan pemikiran dan perasaan saya.

#Udah tua sekarang masih labil juga gag, Gan?
#Gag donks, Bro
#SYUKURLAH KALO TAU DIRI
#Ga usah nge-gass juga donk,,
#Kagak, ini nyari sendal, kemana yak, mau beli odol padahal

Di rumah, saya juga disuguhkan buku-buku sajak Kahlil Gibran yang merupakan koleksi abang kedua saya. Terdapat juga beberapa novel warisan yang kertasnya lumayan lusuh dan berdebu, sebagian besar karya Sidney Sheldon dan John Grisham. Meskipun buku-buku tersebut berat untuk dicerna dan tidak sepenuhnya saya pahami, saya tetap menikmati halaman demi halaman sampai tamat. Hal ini menjadi salah satu faktor pendukung yang menjadi referensi saya dalam menulis.

abuathar.com
Sumber: Tokopedia.com

Dulunya, sebelum mengenal blogger atau blogspot, saya menulis di buku khusus dan di kertas orat-oret. Kemudian buku dan kertas itu saya simpan di dalam lemari baju di bawah tumpukan baju. Lokasi favorit saya kalau nyimpen barang-barang kesayangan. Setelah mengenal blogger, semuanya sekarang saya tuangkan langsung ke blog. Semakin kesini-sini, saya semakin tidak produktif menulis. Penyebabnya mungkin faktor kesibukan. Namun, tahun ini saya mulai memacu lagi semangat menulis saya dengan komitmen minimal satu postingan setiap minggu.

#Widih,, buktikan yaa, Gan
#dioptimalkan bro
#Asal jangan satu paragraf trus molor aja
#Gag donks, Bro
#Gag yakin dongs
#Yawdah donks, bodo amat

Sebaik-baik penulis adalah yang tulisannya memberi manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dan pastinya, akan menjadi suatu kepuasan tersendiri. Berikut flashback saya mengenang tulisan pertama saya yang memberikan manfaat bagi diri saya sendiri atau orang lain.

abuathar.com
Sumber: http://www.34thparallel.net


1. Puisi Pertama yang Memberi Manfaat

Dari sekian banyak puisi yang saya tulis, kumpulan puisi Permata di Sekitarku menurut saya yang pertama kali memberi manfaat, karena kumpulan puisi ini berhasil menginspirasi dan meningkatkan kepercayaan diri orang lain (keponakan dan teman saya) untuk menjadi penulis puisi. Di kumpulan puisi ini cukup intens pembahasan mengenai kehangatan keluarga, ketulusan hati seorang ibu, perjuangan seorang ayah, kepahlawanan guru, curahan untuk pujaan hati dan persahabatan. Puisi ini tercipta saat tinggal terpisah dari keluarga, dan terkekang di lingkungan yang minim akan kesempatan sosialisasi.

#Saat terpuruk banget ya, Gan?
#Ho'oh, Bro,, rasanya sepi bingit
#Serasa tenggelem di comberan kental gitu yah, Gan?
#Ya, ngga gitu juga kali, broh

2. Cerpen Pertama yang Memberi Manfaat

Selain menulis, saya memiliki hobi bermain gitar. Perburuan mencari kord gitar merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Setiap bulan, saya mengobok-obok tumpukan majalah kord gitar untuk dapat memilih satu majalah yang memuat lagu-lagu hits. Maklum, saat itu harganya cukup mahal bagi pelajar SMA seperti saya. Internet juga belum merajalela seperti sekarang, sehingga saya yang bukanlah seorang hartawan ini, hanya sanggup membeli satu majalah setiap bulannya. Pada majalah gitar biasanya terdapat rubrik cerpen. Awalnya, saya iseng mencoba mengirimkan salah satu cerpen saya ke majalah kord gitar tersebut. Sebulan kemudian, pihak redaksi majalah menelpon saya dan memberikan informasi bahwa cerpen saya yang berjudul Kelapa Muda dimuat di majalah tersebut dan saya berhak mendapatkan komisi. Menurut saya, ini adalah cerpen pertama yang memberi manfaat karena komisi yang didapatkan dari cerpen tersebut digunakan untuk membeli alat tulis dan buku penunjang pelajaran saya dan adik-adik saya.

#Bukunya dibayar kan, Gan?
#Bayar laa
#Kirain pura-pura baca teru melipir
#Itu mah elu kali

3. Postingan Blog Pertama yang Memberi Manfaat

Postingan blog pertama yang memberikan manfaat adalah postingan pertama saya di blog ini, yaitu Kompak Bodoh. Postingan ini dinyatakan ditulis Minggu, 06 November 2011. Sebenarnya, tanggal tersebut hanyalah tanggal pemindahan tulisan ini dari blog lama ke blog baru. Tulisan ini sudah tercipta dari tahun 2008 dan sudah ditulis di blog pribadi yang lama, tumblr pribadi, dan blog angkatan (ketiga blog ini sudah tidak diketahui kelanjutan nasibnya). Postingan ini bagi saya sangat berkesan, karena memberikan kebanggaan dan dorongan semangat kepada teman-teman angkatan saya saat itu. Titik waktu yang menjadi tonggak sejarah terciptanya rasa solidaritas di angkatan kami. Walaupun, kekompakan kami pada akhirnya dinilai suatu  kebodohan oleh senior.

Mungkin Agan punya pengalaman sendiri dalam dunia kepenulisan. Silahkan saja saya diundang membaca ke blognya untuk berbagi pengalaman, tapi by email saja yah. 

abuathar.com
Sumber: https://www.orlandocontentmarketing.com

Salam Pena,
Abu Athar
Labels: Coretanku

Thanks for reading TULISAN PERTAMA YANG MEMBERI MANFAAT. Please share...!

10 Comment for "TULISAN PERTAMA YANG MEMBERI MANFAAT"

Wah senangnya bisa terus menebar manfaat lewat tulisan ya. Lanjuutt..

Wah beberapa eh malah banyak postingan dulu yang di hapus tapi saya pindahkan ke komputer dalam format epub, ya sebagai kenang-kekangan, soalnya gak ada faedah buat orang hehehe btw tulisan paling lama yang saat ini di blog tertulis 21 Maret 2011

pernah coba baca buku kahlil gibran malah bingung karena banyak kiasan, akhirnya memutuskan bahwa saya gak sepuitis beliau (T.T). Semangat untuk terus berkarya! :)

Dimasukin ke blog aja,, barangkali punya nilai manfaat

Apapun itu sebisanya mberikan manfaat..,dapat memetik hikmah atau hal hal positif lainnya...


Tapi jangan sampai memanfaatkan orang lain..😁

Semoga selalu update kebaikan manfaat buat banyak orang.
Terus semangat menulis,mas.

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top