BISMA / INDOFOOD LEADERSHIP CAMP 4 - Sisi Lain Young Engineer BISMA / INDOFOOD LEADERSHIP CAMP 4

BISMA / INDOFOOD LEADERSHIP CAMP 4

Halo vm atmanegara fans club se-Dunia.. sekarang mau langsung lanjut nih ke BISMA / INDOFOOD LEADERSHIP CAMP 4... bagi yang kesulitan dengan bahasa Indonesia.. Silahkan menggunakan google translate.. agar sedikit membantu.. #songong lu yah broo.. #ha??.. songong nape... kan ini bisa diakses seluruh dunia gan.. katrok lu ah.. #ya.. tapi gag segitunya juga kalee. #kan hidup itu berawal dari mimpi gan,, tinggal kita aj gan berusaha mewujudkannya.. kalo gw sukses besok awas yeee kalo lu numpank ngetop gan..

Oh yah.. kalo mau review kisah sebelumnya silahkan.. klik aja gan..

BISMA kali ini gan.. lokasinya di Pekanbaru dan Rokan Hilir -Riau...
dari padang saya berangkatnya cuma berdua gan.. sama Githa... karena 2 perwakilan lain dari UNAND ada halangan gan.. Yang Fiadeki udah wisuda gan.. dan Iman lagi ada urusan akademik di kampusnya gan,,

Kami berangkatnya malam gan pake travel,, jadi nyampe pekanbarunya subuh.. nyasar gan.. gag tau dimana lokasi kantor PT SIMP (anak cabangnya indofood) gan.. udah 3 kali muter-muter gag ktemu-ktemu juga gan.. mana muka lecek lagi gan.. #hahaha.. emank dasarnya lecek kan??.. #enak aje lu gan..

Untung aja Kak Githa langsung contact Reni, partnernya di UI yang berasal dari pekanbaru.. Akhirnya kami putuskan ke pool travel aja gan,, harapan berbuah manis gan.. ayahnya Reni bersedia menjemput kami dan kami singgah dulu ke rumah Reni gan... *#*Reni aja gag sempat pulang ke rumah gan,, eh kami malah bisa ngobrol lama-lama sama keluarganya Reni.... Makasii ya keluarganya Reni.. udah mau membantu kami..

Sebelumnya, yuk kita kirim doa dulu buat Ibunya Reni yang sudah mendahului kita gan..
Semoga beliau di tempatkan di tempat terbaik di sisi Nya.....Aamiiin..



Sesinya ada di 2 tempat gan..
Di kantor PT SIMP Pekanbaru adalah acara pembukaan dan penutupan trus ada juga kunjungan ke bagian pembibitan atau benih kelapa sawit gan...

Ini dia gan.. Masuknya harus pake masker gan,, biar bibitnya gag terkontaminasi sama nafas gann,, hahaha,, becanda,, biar safety gan..
Itu ada Mujib (ITS), Greg (IPB) dan saya gan lagi memperhatikan pemilihan bibit gan.. Yang sebelah kanan itu karyawan beneran dari kantor sana gan.. 

Trus ke Rokan Hilirnya pake Bus gede gan..
Ini nih gan.. narsis dalam bus...


Di Rokan Hilir,, nama lokasinya kayangan estate gan.. kami di ajak ke Pabrik Kelapa Sawit, Perkebunan Kelapa Sawit, ke Perumahan Warga, Sekolah-Sekolah, dan Rumah Sakit gan.. trus ada juga gelanggang Hiburan dan Olahraganya gan..

Nah,, kalo yang ini.. perjalanan di kebun sawit gan..
Kiri ke kanan: Ada Githa, Nita *(centil ama posenya), saya dan Greg,, gan...

Pemberian materi mengenai perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit langsung di Lapangan.. semua sistem kerja dan teknis-teknis pekerjaan di jelaskan di sini gan.. jadi kita jadi tau pengolahan Kelapa Sawit dari Hulu ke Hilirnya gan,, 

Ini poto bersama ibu-ibu penyemprot cairan pembunuh gulma atau tanaman liar di sekitar pohon sawit gan...
Kenapa di pilih ibu-ibu gan??.. Alasannya karena ibu-ibu itu pekerjaaannya lebih telaten dan jujur.. .. Saluuut....


Saya jelasin lagi yah gan..
Jadi beberapa pelajaran yang saya terima secara umum adalah simulasi sebuah dunia kerja..

1. Proses pemuliaan bibit kelapa sawit (Kantor PT SIMP Pekanbaru)
Di sini kita di ajarkan proses mengawinkan benih supaya mendapatkan bibit unggul dan beberapa perlakuan yang harus diberikan untuk memproduksi dan memeliharanya sebelum di pasarkan..

2. Perkebunan Kelapa Sawit..
Di sini kita diajarkan mengenai proses pemeliharaan pohon kelapa sawit dari hama dan gulma, proses pemupukan secara kimia maupun alami, proses pemanfaatan dan pengendalian limbah dan proses panen dari kelapa sawit..

3. Pabrik Kelapa Sawit
Disini diajarkan mengenai proses penyeleksian buah, proses perebusan, proses pemisahan dan pengolahan jadi minyak goreng serta proses penjaminan dan kontrol mutunya di laboratorium..

4. Traksi
Traksi ini adalah bagian Maintenance, sarana dan prasarananya.. Mulai dari pemeliharaan alat,, pemeliharaan jalan, menangani permasalahan air dan listrik, serta mengenai sarana dan prasarana yang ada di kebun..

5. Sistem Kemasyarakatan di Perkebunan Kelapa Sawit
Disini kita diperlihatkan mengenai kehidupan di perkebunan kelapa sawit, ada fasilitasnya,, kita di ajak berkunjung ke perumahan karyawan, ke sekolah, dan ke rumah sakit...

 Puas deh pokoknya,, kalo di bocorin semuanya,, ntar angkatan selanjutnya jadi gag surprise deh,, itu gambaran umumnya aja yah.. Dan satu lagi acara perpisahannya asik loo.. di pusat olahraga dan hiburan Kayangan Estate.. Saya aja di sana main futsal, trus main billiard,, pesta durian,, dan nyanyi-nyanyi pake orgen gan,, trus pake joged gan.. Kakak pembina dari Karya Salemba Empat aja ikutan joged gan,, kayak Pak Hengky, ikutan joged ala Tari Tor-Tor,,  Orangtua kami dari Indofood juga yang kebetulan saat itu lagi Ulang Tahun yaitu duet maut, Pak Christian dan Pak Deny ikutan nyanyi dan sempat dikasi surprise sama kita-kita.. Yang paling parahnya Greg nyamar jadi cewek dan nyium Pak Christ.. hadeuuuuh.aib.. Pak Jarwo juga gag kalah asiknya joged dan nyanyinya gan.. serrru banget gan.. Jadi pengen ngulang...

Kurang apalagi coba gan.. udah dikasi beasiswa di kasi pelatihan yang asik-asik lagi gan,, trus di bimbing  secara akademik dan softskill juga gan.. semoga dari sini terlahirlah juara-juara dan pemimpin-pemimpin masa depan.. Aaaamiiin..

Terima Kasih Karya Salemba Empat dan Terima kasih Indofood...

Keep Sharing, Networking and Developing...
VM
Labels: Beasiswa KSE, BISMA (Indofood Leadership Camp), Coretanku

Thanks for reading BISMA / INDOFOOD LEADERSHIP CAMP 4. Please share...!

0 Comment for "BISMA / INDOFOOD LEADERSHIP CAMP 4"

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top