Cerpen: Salah Sangka - Sisi Lain Young Engineer Cerpen: Salah Sangka

Cerpen: Salah Sangka

Pagi itu, hembusan angin terasa sejuk sekali, semakin sejuk dan tenang saat gue melihat wajah dan senyuman Jelita yang berdiri di ujung lorong jalan. Senyuman yang sungguh meneduhkan hati. Senyuman yang sama manisnya dengan senyuman artis idola gue, Maudy Ayunda.


abuathar
Sumber: https://lisanasidamay.wordpress.com/


“I Love U, Jelita”, bisik hati gue.



Desir angin membawa wangi aroma tubuhnya menuju gue. Menghirup wanginya yang sesegar bunga ditetesi embun pagi. Namun, keindahan itu berganti kemurkaan saat Momba menghalangi jarak pandang gue menuju Jelita. Ibaratnya bunga yang seger tadi, dengan tiba-tiba layu kena taik burung yang keburu ngebom sebelum menemukan lokasi toilet unggas. Rana ‘Momba’, cewek gendut yang nyebelin, ngeselin, dan resek yang mungkin sengaja diciptakan dan dihadirkan di SMA gue buat jadi penguji iman dan kesabaran. Gimana gue dan orang-orang gak sebel ngeliatnya, sengaja ataupun gak sengaja setiap ulahnya selalu ngerugiin orang lain dan parahnya tu anak gak pernah menyadari sikapnya.


“Sialan Lo, Momba!!!”, teriak gue kesal, penuh amarah. “Lo Gak bisa biarin gue seneng bentar doank!”, serapah gue.


Seketika itu juga wajah Momba berubah kayak kentang rebus yang gak jelas gitu. Dia ngejar gue layaknya Sang Raksasa yang berlari dengan penuh hasrat ingin menginjak para kurcaci. Karena merasa terpojok, hati gw pun teriakan “kabuuuuuurrr!!!”


“Mengapa ya, di zaman gini, masih ada aja, manusia supergaduh kayak dia, sangat tidak Humanis?”, sebuah pertanyaan yang selalu gue sodorin ke teman-teman gue di saat gue merasakan kesal tak tertahankan.


Pertanyaan yang muncul dari kegelisahan hati gue atau lebih tepatnya ketakutan diri gue ini ditanggapi temen-temen dalam berbagai jawaban. Amin, anak cowok paling lugu di SMA gue ngejawab gini.


”Ya, karena segala sesuatu itu diciptakan berpasangan, Bimo, ada yang kurus, ada yang gendut, ada yang baik, ada yang jahat, Bim!”, ucapnya penuh keluguan dengan logat jawanya yang medok.


“Gitu Ya, Min?”, tanggap gue penuh kebloonan.


Gue gak bisa bayangkan betapa keluguan tu anak kelak akan tertelan kejamnya dunia. Di sini aja misalnya, bayangin aja kalo tu anak belanja di pasar yang selalu ngejual barang dengan harga tiga kali lipat dari harga sebenarnya. Benar-benar sistim perdagangan yang menerapkan ‘Prinsip Ekonomi’ secara murni, yaitu untung segede-gedenya dengan modal yang sekecil-kecilnya.


“Uda, berapa topi ini satu, da ?”, mungkin tanya Amin. Kurang lebih begitulah.
50 ribu, Dik!”, Lalu Pedagang mungkin ngejawab dengan santai
“Apa gak bisa kurang, Da?”, ucap Amin menawar dengan setelan wajah dan hati luguanya.
“Gak bisa, Dik. Ini aja, uda ngejual untungnya cuma 5 ribuan, Dik. Cukup untuk makan aja!”, tambah pedangang dengan opini yang menyedihkan yang dipandu bisikan setan bercula dua di kanan dan kirinya. Dan so pasti Amin saat itu langsung aja nyerahin duitnya sambil berkaca-kaca. Hal itulah yang membuat gue sayang sama tu anak, epsss.. sayang gue cuma sebatas teman, gak lebih, sumpe….deh….. Moga-moga Lo cepet sadarnya ya Min.


Aaaamiiiin !


Lain halnya ama Roy, anak band rock SMA gue dari kelas tiga IPS, “Momba juga manusia, man”, jawabnya menirukan gaya Candil ‘Seuries’. Gue cuma bisa ngangguk-ngangguk ala anak metal aja denger statement sang rocker abu-abu, tapi dalam hati gue ngutuk-ngutuk tu anak. “Ya iyalah dia manusia. Dasar bego, secara Bapak ama Emaknya manusia. Lagian kalo binatang, juga udah pasti dikandangin tu anak!”, gerutu gue dalam hati.


Udahlah, gue gak terlalu memikirkan apa kata orang-orang tentang Momba, ngapain juga gue menghabiskan banyak kata untuk menjelaskan tentang dirinya, yang terpenting bagi gue, dapat ngelihat wajah Jelita setiap hari. Jelita memang primadona di SMA gue. Cewek cantik yang penuh pesona, memiliki porsi tubuh ideal dan wajah yang sangat modelis, perfect banget buat gue. Otomatis gue punya banyak saingan di SMA ini. Tapi, gue yakin naluri kegantengan gue mampu memposisikan diri gue teratas di hatinya Jelita.


Beribu cara bakal gue lakukan untuk mendapatkan hatinya Jelita. Mulai dari berlagak sok baik, memberi tumpangan layaknya tukang ojek, menawarkan pelayanan antar jemput. Namun, semua itu gak pernah berhasil, karena Jelita itu anaknya kalem abis, “Huft, capeknya”.


Gue gag bisa menahan perasaan ini sendiri. Lalu gue curhat tentang masalah gue ke Amin, teman tersayang gue. Teman yang selalu setia ngedengerin curahan hati gue sambil terus melek. Seorang pendengar yang baik dan anaknya gak bocor. Makanya, gue milih Amin sebagai objek terbaik buat tempat curhat daripada curhat ma tembok atau sama rumput yang bergoyang. Gue ceritain semua yang gue alamin ke Amin. "Aku bisa bantu kamu, Bimo”, ucap Amin berapi-api. Perkataan yang membakar lagi semangat gue. Di satu sisi gue kembali semangat karena ketulusan hati Amin yang memang selalu siap membantu gue, tapi di sisi lain gue ragu-ragu coz kebloonannya stadium akhir.


“Gimana caranya, Min?”, Tanya gue.


Lagak tu anak meyakinkan. Dia bilang bahwa dia dan Jelita berada dalam organisasi yang sama yaitu Pionir, ekskul kejurnalistikan di SMA gue.


“Ada gunanya juga lu jadi orang, Min!!”, ucap gue seneng.


Amin ternyata memang hebat nyomblangin gue, baru satu hari, gue udah dapat nomer whatsapp-nya Jelita. Dari sana gak pernah absen chat tiap hari. Tapi, gue gak pernah berani untuk menelpon do’i, gue takut gugup kalo bicara langsung. Gue termasuk tipikal cowok yang sulit merangkai kata kalo lagi gugup, tapi kalo buat ngeledekin teman, gue jagonya. Lagian chat gratis koq, gue manfaatin aja era promosi para operator seluler buat modal, lumayan dikasi gratis chat ampe setahun. 


Hari ke hari percakapan semakin mesra. Keluguan Jelita sedikit demi sedikit mulai terkikis. Ia pun mulai bersikap manja ketika gue rayu dengan lembut. Wew..


Suatu hari esoknya, Amin datang ke gue dengan terengah-engah, kayak ibu-ibu mau melahirkan gitu.


“Bim, ini bunga dari Jelita”, katanya.
“Lo serius, Min”, tanya gue gag percaya.
“Iya sumpah, baca aja suratnya sendiri”, jawab Amin.


untuk arjunaku di puncak harapanku
jadikan aku sebagai bunga di hatimu
dan jadikan kumbang di hatiku
berbagi cinta dan hati


Gue seneng tujuh keliling, bolak-balik, luntang lantung. Namun, gue gak terkejut amat, karena gue yakin Jelita pasti mau ma gue, ga bakal pernah lupain kebaikan sahabat sejati gue.


“Hari ini kita foya-foya, Min”, ucap gw senang.


Malamnya Jelita chat gw, do’i ngajak ketemuan. Gue siapin semuanya biar bisa tampil perfect di mata Jelita mulai dari baju, celana, kata-kata pokoke semuanya. Paginya dengan overpede, gue hampiri do’i yang kelihatannya senyum mesum….eh senyum menyumnya dari jauh.


“Jelita kamu serius ama suratnya?”, tanya gue memulai.
“Serius, aku serius!”, jawabnya membuat hati gue semakin melambung.
“Jadi, amin gak boong?”, tanya gw lagi.
“Bim, huh,,,”
“Jadi, kamu serius mau jadi pacar aku, Jelita!”, tanya gue dengan angkuhnya. Namun, seketika itu juga wajah Jelita berubah padam.
“Maaf Bim……”, ucapnya lagi.
”Aku tau kamu pasti gugup!”, ucap gue ke-ge-er-ran
“Bukan!”
“Bukan?”
“Ini pasti salah paham!”
“Maksudnya?”


Lalu Jelita dengan wajah gag asik, berubah kecewa, bagaikan induk ayam yang bersusah payah mengeluarkan telurnya namun setelah terlurnya nongol malah kedudukin ndiri saking capeknya, ampe pecah lagi. Setelah gue dengerin semuanya. Ternyata do’i tu ngasih bunga ke Amin dan do’i juga ngira yang chat ama dia juga Amin. Salah gue juga, napain gue pasang poto meme romatis dan ngasi nama whatsapp gue 'Risalah Hati'. Maksudnya sih biar romantis, tapi malah jadi salah paham. Kesimpulannya She Loves Amin, not me, not me, not meeee……


Gue langsung balik pulang dengan langkah gontai tak terarah. Penuh keputusasaan. Gue frustasi berat. Gag tau mesti ngapain lagi.


“Dasar Amin goblok!”, jerit gue sebel. Tapi apa gue pantas bilangin Amin goblok, orang goblok yang ngedapetin hatinya Primadona sekolah gue, lalu gw ini apa ?. Gue gag bisa berbuat apa-apa lagi sekarang. Seluruh hati gue udah hancur berkeping-keping. 


Sumber: Secarik Kertas Kenangan Cerpen SMA gue; direvisi sesuai pekembangan jaman


Salam Cerpen,
VM Atmanegara

Labels: Artikel, Cerpen, Cinta, remaja

Thanks for reading Cerpen: Salah Sangka. Please share...!

0 Comment for "Cerpen: Salah Sangka"

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top