Blogger Keren: Membuat Tersenyum dan Hasrat Ingin Kembali - Sisi Lain Young Engineer Blogger Keren: Membuat Tersenyum dan Hasrat Ingin Kembali

Blogger Keren: Membuat Tersenyum dan Hasrat Ingin Kembali

Sepi yang menjejak hadir di setiap menjelang malam, perlahan merebut garis senyum dari wajah anggun insan penikmat cahaya. Ia bosan bercerita pada bintang malam yang tak pernah memberikan jawaban selain kedipan cahaya redupnya. Ia pun jenuh bercerita pada bulan yang selalu diam dan bersandar ke langit malam. Kemudian ia pun memilih melawan sepi dengan goresan kata. Curahan hati dituliskan sebagai bentuk perlawanan terhadap sepi yang menjadikannya kerdil menghadapi malam. Seiring waktu berlalu, kesepian pun berhasil ditaklukkan. Ia dan sepi berteman baik hingga hari ini.



abuathar
Sumber Gambar: http://lazuardi.id/



Itulah sejarah singkat saya memilih hobi nge-blog...


#Wait, gan, itu dari tadi yang gue baca sejarah toh??
#Napa sii bro? Iya sejarah gue ngeblog
#Hadeh, ini gue yang bego apa elu yang aneh ya gan
#Gue yang pinter, elu yang aneh bro


Saya menuliskan apa saja yang ingin saya tulis ke blog untuk menghilangkan kejenuhan dan kesepian saya. Saya memilih hobi antimainstream ini dengan risiko tak berteman, bayangin aja, saya hanya punya satu orang teman yang hobi menulis, sisanya teman-teman saya hobi main bola, pencak silat, reparasi motor, naik gunung, turun ke lembah, nipu makan di kantin, begal helm, menyelewengkan SPP, gombalin cewek, gitar, dan lain-lain.



Saya terpaksa mencari referensi seorang diri bagaikan musafir di padang tandus, karena tidak memiliki teman untuk diajak sharing. Saya menjelajahi blog demi blog, seperti tim guardian the galaxy yang berpindah dari satu planet ke planet lainnya tanpa rasa jenuh sedikitpun. Ada blog yang ramah dan penuh inspirasi saat membacanya, membuat saya betah berlama-lama nongkrong di warnet, sampai-sampai saya bawa kasur dan pakaian ganti saking betahnya. Namun, ada juga blog yang sangat tidak ramah, loading halamannya belum selesai, tetapi sudah penuh dengan iklan yang berkedip-kedip di sana-sini kayak kumpulan remahan kuaci yang kesenggol motornya Lorenzo di landasan motoGP.


#Bilang aja jaga warnet, Gan, makanya bawa pakaian ganti
#Lu mulutnya ember banget sii bro, ga bisa jaga rahasia
#Ember,, 
#Kosakatanya generasi tua, ketahuan banget nih umurnya pada
#Adek lo bukan ini bro?
#Bukan, dah karungin aja
#Ampun, saya kesasar bang, GPS saya mati
#Dasar, Anak jaman now



Dari sekian banyak blog yang sudah saya kunjungi, menurut saya, blogger keren itu adalah blogger yang mampu membuat saya penasaran, kemudian berhasil membuat saya tersenyum menikmati isi blognya dan membuat saya menantikan postingan terbarunya untuk alasan kembali lagi ke blognya. Poin kerennya sebagai berikut:



Pesonanya Membuat Penasaran


Blogger keren melalui deskripsi promosi dan judul postingannya mampu menghadirkan pesona untuk membuat orang penasaran untuk meng-klik dan membaca postingannya lebih lanjut. Saya menyukai deskripsi promosi postingan yang singkat, tapi to the point. Dan memiliki judul postingan yang mampu mengundang imajinasi positif di pikiran.


Memesona tapi tidak mengumbar, memikat tapi tidak dengan cara vulgar. Dan juga tidak harus memasang patung maneki neko atau patung kucing emas yang melambai-lambai agar orang berbondong-bondong mendatangi blognya. Rasanya itu kayak berpas-pasan di jalan dengan sosok cewek misterius yang jalannya nunduk dengan wajah sebagian tertutup poni. Pesonanya membuat penasaran, sehingga membuat hati ingin mencari tahu lebih dalam tentangnya.






abuathar
Sumber Gambar: http://travel.tribunnews.com/

Berikut contoh deskripsi promosi postingan, menurut istilah yang saya maksud:

Mengumbar:
Menuliskan satu atau dua paragraf utama untuk deskripsi promosi postingannya

Vulgar
"Postingan terbaik bulan ini, nyesel deh kalo ngga baca"

Pesona Penasaran:
"Katanya untuk menjadi lelaki setia dan nyaman bagi wanita harus mampu melewati proses memahami hati dan wanita. Salah satunya yaitu menjaga untuk tidak membuatnya meneteskan airmata, karena akan sangat sakit saat orang lain yang menghapus airmatanya... 

[Coretan Lelaki] Pasal Wanita"


Ramah di Mata dan Hati


Blogger keren memiliki template dengan lay-out, warna, dan susunan yang rapi dan hidup. Personal website tetapi terlihat professional. Poin penting yang perlu saya sampaikan lagi, yaitu tidak memiliki iklan pop-up yang terlalu aktif yang malah membuat bete para tamu blog. Memiliki space iklan tidak salah, tetapi sebaiknya penempatannya harus elegan dan tidak mengganggu mood untuk membaca postingan. Ibaratnya bertamu, baru ngelirik dikit aja dengan kepala, tetapi sudah mulai merasa tidak nyaman, dan akhirnya berbalik pulang (Back atau Close). Selain itu postingan juga memiliki poto atau gambar pendukung yang membuat postingan lebih berwarna dan bercerita.




abuathar
Sumber Gambar: https://www.hipwee.com/tips/



Aksara Berbicara


Blogger keren mampu menghibur para pembacanya dengan pilihan diksi dan susunan katanya. Menghipnotis dan membawa perasaan para pembaca, sehingga membuat pembaca manggut-manggut, tersenyum, tertawa atau bahkan menangis saat menikmati rangkaian aksara yang ditampilkan. Kemahiran ini yang kadang bisa menimbulkan hasrat ingin kembali ke blognya, sehingga terpacu untuk mem-follow atau men-subscribes agar tidak ketinggalan notifikasi setiap ada postingan baru si Empunya blog.




Itulah blogger keren versi abuathar.com. Kepala boleh sama hitam, pendapat bisa saja berbeda. Namanya juga manusia, latar belakang dan perjalanan hidup yang berbeda-beda bisa saja membuat pola pikir dan pola rasa yang berbeda. Di dalam dunia nge-blog juga begitu, antara akademisi blogger, aktivis blogger dan otodidak blogger pastinya memiliki cara pandang yang berbeda dalam menilai tingkat kekerenan suatu blog atau seorang blogger.



Dalam mewujudkan keinginan menjadi blogger keren sesuai dengan parameter di atas. Warung Blogger memiliki andil yang cukup besar dan nyata dalam keseharian. Bergabung dengan komunitas tersebut, menjadikan solusi bagi saya untuk mencari referensi dan skill upShare postingan yang ada di FB dan Twitter yang aktif secara harian dapat menjadi gudang referensi. Selain itu, para member secara kelompok dan pribadi juga memberikan sharing knowledge, diskusi, dan saran bacaan. Semua dihadirkan secara gratis dan penuh kekeluargaan. Semua yang gratis memang lebih enak. Ya iya lah, gratis ini kan ya!. Kopi aja kalo gratis lebih cepet habisnya daripada kopi beli sendiri, hehehe. 

#Kok jadi ngomongin kopi sih Gan
#Biasa aja kali bro, mulai ngantuk ini
#Kalau ngantuk obatnya tidur gan, bukan kopi
#Belum mau tidur bro
#Yawdah, nyuci kain kek, ngepel lantai kek, daripada ngopi selonjoran doank
#Tega Amat sii

Salam Aksara,
Abu Athar 




“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!

abuathar

Labels: Blogger, Coretanku, Warung Blogger

Thanks for reading Blogger Keren: Membuat Tersenyum dan Hasrat Ingin Kembali. Please share...!

28 Comment for "Blogger Keren: Membuat Tersenyum dan Hasrat Ingin Kembali"

betul semoag mas terus semangat menulis

Whuaa saya bisa merasakan mas, ketika temen2 saya gak ada yang hobis nulis maka saya pun mencari dan membentuk komunitas sendiri, ahaha... Sukses ya blogger keren.

Blogger keren mampu menghibur para pembacanya dengan pilihan diksi dan susunan katanya.

aku sepakat banget
bloger keren itu postingannya selalu ditunggu karena ngangeni dari pemilihan diksinya...

saya baru-baru ini ngefans bgt sm blogger karena diksinya buat saya ngakak, sekarang saya mantengin terus setiap ada postingan terbarunya

Hahaha, keren. Setuju dengan semua poin yang ditulis. Blogge keren itu tentu saja yang tulisannya menginspirasi, membuka wawasan, sekali pun tulisannya berbayar. Kemudian juga gak sombong dan ramah sama blogger lainnya. :D

Ramah dan saling berbagi ilmu ya sist

Hal yang membuat saya jatuh hati sama seorang blogger itu juga salah satunya dari tulisan di blogpostnya yang bisa 'mengalir' dan ikut membawa perasaan pembacanya. Pengen banget bisa nulis yang model beginian, tapi belum bisa. Kudu banyak belajar & blogwalking lagi.

Tapi betewe-betewe, saya termasuk orang yang mengumbar dong ya? Kalau promote tulisan di grup facebook Warung Blogger sama Google+ cuma copy--paste isi paragraf. Hahaha....*bener-bener nggak niat*

e maap gan,, pendapat pribadi aja sii itu gan,, hehehe

kwkwwk..suka dengan gaya nulisnya Mas...ada sisipan dialog jadi enggak bosan bacanya...:)

Termasuk blogger keren dah ini!

Keren tulisannya, setuju dengan poin-poin tersebut...

masa sii sist?,, jadi malu,, kita semua keren sudah memilih jd blogger

Wow inspiring sekali tulisannya, jadi pengen jadi blogger keren.
Setuju sama point iklan pop up yang terlalu aktif bisa ganggu banget, apalagi kalau posisinya ditaruh di tengah tulisan, rawan ke klik malah bikin ilfeel.

iya, kayak pengen salto aja rasanya

Warung Blogger sangat membantu sekali utk tulisan para blogger lain bisa ditemukan dan dibaca oleh blogger2 di seluruh nusantara ya mas
Selamat ulang tahun yang ke-7 WB
Salam kenal ya
rurohma[dot]com

Moga aku termasuk blogger keren itu, eeeaaa... *benerindasi

Setuju banget. Aku juga bisa hafal lho blognya blogger keren dan kesayanganku itu.
Seperti sudah masuk dalam bank data saja.
Seperti ketagihan dengan postingannya.

Gak mesti jago desain grafis sih. Cuma kalau dia nulis rasanya seperti sedang bercakap-cakap di depannya.
Dan yang pasti kerap membuatku tersenyum, bahkan bisa ngakak, hahaha...

Seperti yang punya blog ini laaa... uhuk!

iya Warung Blogger bisa jadi solusi para blogger otodidak untuk mencari ilmu

Salam Kenal

eaaaa... eaaaa..

Hafal banget, membacanya sambil curiga,, "ini kayak kenal deh siapa yang nulis".. heheh


Uhuk..

Assalammualaikum, Brother, atau Abu? Ah, gimana kata sapanya? Tadi baca sapaan Anda pakai Sista. Ha ha.makasih sudah mampir ke blog saya dan ninggalin jejak. Jadi tahu ada tulisan bagus dengan bahasa mengalun kayak sastra. aduduh, menadak gak pede, hi hi.
Suka paparan di atas dan setuju saja karena ada benarnya untuk unjuk keren itu bagaimana. Dengan gaul bisa tahu beragam isi pemikiran sesama teman narablog. Wawasan jadi nambah.
BTW, bolehkah saya ngasi saran? Ini soal ukuran tulisan yang hurufnya kecil dan menyulitkan mata saya yang mulai lamur karena harus perbesar daya lihat. Saya pakai font ukuran huruf 14 di word, jenis tulisannya bisa arial, georgia, atau lainnya. Agar memudahkan pembaca. Itu juga berkat saran dari tulisan di blg teman soal font huruf supaya lebih ramah dibaca, terutama bagi pengguna ponsel. Saya pakai komputer jadi tak tahu kayak apa ukuran blog di layar ponsel, namun untuk jaga-jaga sengaja ambil ukuran 14. Cukup besar namun tak kebesaran.
Semoga menang, ya. Bagus isinya, kok. Terutama dari segi penguasaan bahasa. :) Saya masih banyak kurangnya, ha ha.

Walaikumsalam,,

panggilannya bebas, bisa uda, abuathar, atau agan, hehehe,,

Makasi sarannya, ini akan saya terapkan di posting selanjutnya..

Semua yg ikutan bagus-bagus kok,, semoga sama2 menang..

apakah saya termasuk blogger keren itu? ya ya, semoga aja iyaaaaa, iya in ajaa deh...

Apakah mas tersenyum ketika membaca blog saya? atau malah tertawa lalu menitikkan air mata?

Ya ya, saya rasa semua sudah saya lakukan untuk mu mas *eh apa-an sih ini.

saya membaca blog Agan seperti tersadarkan,, manggut-manggut sendiri..

Pengen berandai-andai suatu saat bisa menjadi bloger keren. Tapi rasanya mau terus belajar lebih penting daripada dianggap bloger keren

Pasti bisa!. Ayuks belajar sama-sama sista

Syukurlah sarannya diterima. :) Semoga mata saya yang mulai lamur karena faktor U bisa nyaman kala bertandang ke sini lagi. Yah, tak pakai kacamata, sih dan masih bisa baca yang kecil namun dengan catatan harus nambah tegangan daya lhat. :D
Iya, aamiin. Bagaimanapun hasil akhirnya kita telah berproses. :) Makasih.

sarannya sudah teraplikasi di postingan terbaru, mohon bisa berkunjung dan memberikan saran terbaru,, hehehehe

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top