Abadikan Momen dengan Kamera Mirrorless - Sisi Lain Young Engineer Abadikan Momen dengan Kamera Mirrorless

Abadikan Momen dengan Kamera Mirrorless

Sejak kemunculannya pada tahun 2008, kamera mirrorless sedikit demi sedikit menggeser keberadaan kamera DSLR, baik di kalangan fotografer maupun di pabrikannya sendiri. Kalau diartikan secara bahasa, mirrorless artinya 'tanpa cermin', kalau menggunakan istilah bule lengkapnya mirrorless interchangeable lens camera yaitu  kamera yang tidak memiliki cermin dan lensanya bisa dilepas pasang atau diganti.

Sumber Gambar: http://www.akmediaworks.in/2016/03/28/dslr-vs-mirrorless/

Ketiadaan cermin ini berdampak pada ukuran kamera mirrorless yang lebih kecil dibandingkan DSLR. Selain itu, kamera mirrorless tidak mempunyai optical viewfinder seperti DSLR, secara fungsi digantikan dengan electronic viewfinder


Kamera mirrorless bisa juga dikatakan sebagai jalan tengah antara pilihan kamera DSLR dan kamera saku yang secara kualitas dan ukuran sangat berbeda. Kamera DSLR memiliki kualitas gambar yang luar biasa bagus, namun bobotnya berat, sedangkan kamera saku memiliki bobot yang ringan, namun kualitas gambarnya tidak terlalu bagus. Kamera mirrorless hadir mengakomodir keduanya, mirrorless memiliki bobot yang ringan, kualitas gambar yang dihasilkan sudah hampir sebanding dengan hasil kamera DSLR, karena lensanya bisa diganti sesuai kebutuhan.

Sumber Gambar: TNOnline - WordPress.com

Kelemahan yang paling mencolok pada mirrorless adalah continuos autofocus jika dibandingkan dengan DSLR, dasar inilah fotografer olahraga masih banyak menggunakan DSLR dibandingkan mirrorless. Tetapi buat para traveller, tentu kamera mirrorless adalah pilihan yang tepat untuk mengabadikan momen dan keindahan alam.

Membeli kamera mirrorless sama halnya dengan membeli kamera DSLR, ada kebutuhan untuk membeli body kamera, lensa, serta aksesori pendukungnya, jadi bisa dikatakan semacam investasi jangka panjang. Sama halnya dengan kamera DSLR, kamera mirrorless dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko online, seperti tokopedia dengan memasukkan keyword jual kamera online. Tetapi tetap harus diingat, telitilah spesifikasi dan model kamera sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna, karena berbagai macam fitur sudah dikembangkan oleh pihak pabrikan untuk mengakomodir jenis segmen fotografi masing-masing pengguna.

Salam,
VM Atmanegara
Labels: Artikel, Kamera, Mirrorless, Tokopedia

Thanks for reading Abadikan Momen dengan Kamera Mirrorless. Please share...!

2 Comment for "Abadikan Momen dengan Kamera Mirrorless"

Kamera mirrorless udah keluar. Sedang DSLR aja belum punya. Huhuhuuu

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top